Hukum Menangis Ketika Berdoa.

Pertanyaan:

Bagaimanakah hukum menangis saat kita berdoa...???
Apakah boleh atau tidak...

Baca juga: Membaca Basmalah Ketika Berwudlu.


Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang telah diajukan.
Membahas tentang hukum menangis ketika berdoa, tentu kita biasa melihat ataupun bahkan mengalami nya, pada saat berdoa entah kenapa atau karena apa kadang ada yang menangis tersedu-sedu, mungkin karena ingat dosa, atau yang lain.

Adapun menangis saat menyampaikan permohonan kepada Allah tentu sangatlah baik, terlebih saat kita memohon ampunan atau Maghfiroh kepada Allah SWT.
Rasulullah SAW, Bersabda:

عن ابي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يلج النار رجل بكى من جشية الله حتي يعود اللبن في الضرع

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu: Rasulullah SAW bersabda: Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sanpai susu (yang telah diperah) bisa masuk kembali ke tempat keluarnya.

وفي دقائق الاخبار  يؤتي بعبد يوم القيامة فترجح سيأته فيؤمر به الى النار فتتكلم شعرة من شعرات عينه، وتقول يا رب رسولك محمد صلى الله عليه وسلم قال من بكى من خشية الله حرم الله تلك العين من النار ، واني بكيت من خشيتك فيغفرالله له ويستخلصه من النار ببركة شعرة واحدة كانت تبكي من خشية الله في الدنيا وينادى جبريل عليه السلام نجا فلان بن فلان بشعرة واحدة

Dalam kitab Daqooiqul Akhbar tertulis:
Didatangkan seorang hamba pada hari kiamat (saat ditimbang amal) , maka amal keburukan nya mengalahkan amal kebaikan, kemudian si hamba diputuskan masuk neraka. Kemudian berbicara satu helai bulu matanya: "Wahai Tuhanku, Rosulmu Muhammad SAW pernah bersabda: Barang siapa yang menangis karena merasa takut kepada Allah, maka haram mata tersebut masuk neraka. dan aku pernah menangis karena merasa takut kepadaMu, Maka kemudian Allah mengampuni hamba tersebut dan menyelamatkan nya dari adzab neraka dengan berkah sehelai bulu mata yang basah karena tangisan takut kepada Allah ketika didunia, Jibril AS berkata: telah selamat fulan bin fulan karena sehelai bulu mata.


Posting ini bersumber : Mukasyafatul Qulub Imam AlGhozali QS
http://www.elhmamia.com/showtread
dan pos lain yang mendukung.
Wallohu A'lam Bisshowab.

Belum ada Komentar untuk "Hukum Menangis Ketika Berdoa."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel